Senin, 17 Agustus 2009

CONTOH BISNIS PLAN

BUSINESS PLAN
USAHA RENTAL KOMPUTER “ASSOY JAGAU.COM”


1. Gambaran Umum Rencana Kegiatan
a. Nama dan Alamat Kegiatan
Nama Unit Usaha : Rental ”ASSOY JAGAU.COM”
Alamat Unit Usaha : Jalan Ngesrep Timur V No. 212 Semarang

b. Sifat Jenis Usaha
Usaha bergerak di bidang pelayanan jasa yang berhubungan dengan komputer misalnya pengetikan, sewa komputer, instalasi software komputer, dan perbaikan komputer yang berhubungan dengan software. Usaha ini merupakan usaha perseorangan, mandiri dan sifatnya berkelanjutan.

c. Alasan Gagasan Timbulnya Usaha
Setiap tahun jumlah mahasiswa yang tinggal di lingkungan Kampus UNDIP tidak pernah berkurang, bahkan ada kecenderungan untuk bertambah. Kehidupan mahasiswa tidak pernah terlepas dari penugasan-penugasan berupa pembuatan makalah, laporan, resume bahkan artikel. Tidak semua mahasiswa mempunyai komputer pribadi di rumah dan tidak semua mahasiswa mampu mengoperasikan komputer sehingga salah satu alternatifnya adalah menggunakan jasa rental komputer baik untuk sewa komputer maupun minta di ketikkan.

d. Pola Pengembangan Usaha
Dalam 6 bulan pertama usaha yang dijalankan adalah usaha pokok sebagaimana disebutkan di atas, dan seiring meningkatnya kunjungan konsumen, maka dapat juga disisipkan usaha sampingan seperti menjual softdrink dan makanan ringan/camilan, menjual alat tulis kantor (ATK), menjual CD, Flash disc maupun peralatan komputer. Bahkan dalam 2 tahun usaha dapat dikembangkan dengan menambah mesin fotokopi dan penjualan voucher sehingga konsumen tidak perlu kemana-mana lagi untuk memenuhi kebutuhannya ketika sedang bekerja dengan komputer. Bahkan bisa juga dikembangkan untuk usaha percetakan undangan, kalender dan pamflet.

e. Tujuan Kegiatan
Tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan penghasilan, disamping adanya tujuan-tujuan lain seperti :
- Menyalurkan hoby dalam bidang komputer.
- Mengasah jiwa wiraswasta dan kemampuan manajemen.
- Menambah wawasan dalam hal melakukan kompetisi yang sehat
- Menambah kolega/rekanan
- Meluaskan pergaulan

f. Manfaat Kegiatan
Dengan berdirinya unit usaha ini maka dapat diidentifikasi beberapa manfaat antara lain :
- Menjadi teladan bagi generasi muda dalam hal keuletan dan semangat berkarya.
- Menciptakan jaringan pasar sendiri sehingga meningkatkan perputaran uang di lingkungan kampus.
- Memberikan lapangan kerja dan pengalaman kerja bagi karyawan.
- Meningkatkan pemasukan bagi pemerintah daerah dengan dibayarkannya pajak usaha.
- Memudahkan mahasiswa dalam mencari alternatif rental komputer yang dapat digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.

2. Aspek Pemasaran
a. Calon Konsumen Yang Diharapkan
Calon konsumen utama yang diharapkan adalah mahasiswa yang berada di lingkungan unit usaha, namun tidak menutup kemungkinan juga menjadi konsumsi bagi pelajar, pelaku bisnis, pengusaha dan masyarakat umum.

b. Jaringan Pasar
Unit usaha lain yang dapat dilibatkan dalam jaringan pasar meliputi rental-rental komputer lain dalam hal berbagi job yang tidak dapat ditangani sendiri. Juga melibatkan suplier Alat Tulis Kantor (ATK) dengan sistem pembayaran kredit. Saat ini sudah ada 4 rental sejenis dan 1 toko penjual ATK yang menyatakan komitmen untuk saling membantu dalam menggulirkan bisnis ini. Sementara masih diusahakan untuk melakukan pendekatan pada distributor softdrink dan pengusaha makanan ringan untuk menitipkan produknya.

c. Jangkauan Pemasaran Produk
Jangkauan pasar berskala lokal dimana hanya melayani konsumen di sekitar lingkungan unit usaha (Ngesrep dan Tembalang).

d. Persaingan
Sampai saat ini memang cukup banyak rental komputer yang berdiri di sekitar lingkungan usaha namun demikian masih diperlukan adanya alternatif-alternatrif lain yang sesuai dengan keinginan konsumen. Aspek yang menjadi sentra persaingan disini adalah kualitas tinta, kerapian tampilan print out, kesediaan untuk memperbaiki kesalahan ketikan, kenyamanan ruangan kerja dan keramahan. Dari keseluruhan aspek persaingan disini semuanya dapat diupayakan.

e. Perkiraan Kumulatif Penjualan
Diasumsikan bahwa dalam 1 hari dengan jam kerja 12 jam sehari dapat dilayani pelanggan 10 orang konsumen yang rental komputer dengan rata-rata pemakaian komputer 3 jam, 20 orang konsumen untuk pengetikan naskah per unit komputer dengan rata-rata jumlah print out 40 halaman folio dan 40 halaman kwarto per hari. Untuk instalasi diasumsikan 5 kali perbulan.

f. Strategi Pemasaran
Pemasaran dilakukan dengan menyebarkan famplet ke tempat-tempat kost mahasiswa, sekolah, kantor-kantor dan memasang spanduk di halaman unit usaha.pemasaran seperti ini dapat disebut dengan pemasaran aktif. Termasuk juga dalam aspek pemasaran adalah ketika 1 orang konsumen mengajak beberapa kawan untuk datang baik untuk urusan konsultasi pengetikan, maupun mengambil data yang tersimpan di harddisc. Pemasaran seperti ini dapat disebut dengan istilah pemasaran pasif.


g. Perkiraan Harga Jual
Untuk rental komputer ditentukan Rp. 1.000,- per jam pemakaian. Untuk print out saja dikenakan Rp. 300,- per lembar folio dan Rp. 200,- per lembar kwarto . Untuk pengetikan naskah dan print outnya dikenakan biaya Rp. 1.500 per lembar folio dan 1200 per lembar kwarto. Untuk print warna dikenakan biaya Rp. 600,- per lembar dan untuk print tabel dikenakan biaya Rp. 750 ,- per lembar.
Untuk instalasi program dikenakan biaya Rp. 25.000,- dan untuk konsultasi, perbaikan kesalahan ketikan oleh produsen dan print-outnya serta pengambilan data di hard disc tidak dikenakan biaya.

3. Aspek Teknis dan Produksi
a. Dasar Pertimbangan Pemilihan Lokasi
Lokasi yang paling strategis adalah yang berada di pinggir jalan dengan ketersediaan tempat parkir yang teduh dan memadai. Disamping itu suplay aliran listrik dari PLN di daereah itu stabil dan jarang ada pemadaman aliran listrik. Yang menunjang juga dalam pemilihan lokasi adalah faktor keamanan lingkungan sekitar unit usaha sehingga memberikan ketenangan bagi konsumen untuk bekerja.

b. Bangunan Produksi Yang Diperlukan
Untuk kegiatan produksi dibutuhkan 1 buah kios dengan ukuran 8 x 8 meter dengan ventilasi maksimal dengan ketinggian 2 – 2,5 m dari pondasi. Hal ini untuk memudahkan sirkulasi udara di dalam ruangan sehingga komputer yang digunakan tidak lekas menjadi panas dan konsumen merasa nyaman.

c. Kapasitas Produksi
Diasumsikan selama 1 bulan, dari 4 unit komputer dapat dihasilkan :
- 3 jam x 10 orang x 30 hari x 4 unit = 3600 jam rental komputer tanpa print out.
- 40 halaman kwarto x 30 hari x 4 unit = 4800 halaman kwarto (10 reem)
- 40 halaman folio x 30 hari x 4 unit = 4800 halaman folio (10 reem)
- 5 kali instalasi
Ini tidak termasuk penjualan minuman ringan dan makanan ringan yang sengaja tidak diprediksi disini karena sifatnya hanya sampingan

d. Pengadaan Bahan
Bahan-bahan yang diperlukan disuplay dari toko penjualan ATK dan toko penjualan kelengkapan komputer dengan sistem pembayaran kredit dimana pembayaran total belanja untuk bulan pertama dilakukan pada bulan kedua.

e. Kebutuhan Tenaga Kerja
Tidak semua unit komputer harus memiliki operator. Pemilik dapat sekaligus bertugas sebagai operator untuk pengetikan pada malam hari (shift 2) dan diperlukan 1 orang tenaga tambahan untuk operator pada pagi hari (shift 1).
Tugas pegawai pada tiap disini adalah mengetik naskah yang dipesan, memberikan informasi dan melakukan pembukuan uang masuk dan keluar per shift.

f. Kebutuhan Sarana Transportasi
Kebutuhan akan saranan transportasi disini relatif hanya bersifat tersier sebab bahan dapat dipesan per telpon dan distributor akan mengantarkan barang yang dipesan.


g. Ketersediaan Fasilitas Umum Yang Mendukung
Fasilitas umum yang menjadi syarat utama adalah aliran listrik dari PLN.

4. Aspek Keuangan
a. Kebutuhan Biaya Investasi
Untuk memulai usaha ini, dibutuhkan dana sebagai berikut :

No
Uraian
Kebutuhan
(unit)
Harga satuan (Rp)
Jumlah
(Rp)
1.
2.
3.
4.

5.
Komputer P-4 80 GB
Printer
Instalasi listrik
Publikasi (spanduk, pamflet, selebaran dll)
Perizinan
4
2
1
1

1
3.500.000,-
400.000,-
300.000,-
100.000,-

250.000,-
14.000.000,-
800.000,-
300.000,-
100.000,-

250.000,-
Total
15.450.000,-


b. Kebutuhan Biaya Produksi
Untuk 1 bulan setidaknya diperlukan biaya produksi sebagai berikut :
- Sewa gedung perbulan Rp. 700.000,-
- Kertas folio 10 reem x Rp.25.000,- Rp. 250.000,-
- Kertas kwarto 10 reem x Rp.22.000,- Rp 220.000,-
- Rekening listrik Rp. 500.000,-
- Pulsa Rp. 150.000,-
- Gaji tetap pegawai Rp. 600.000,-
- Pajak/retribusi Rp.5.000,- x 30 hari Rp. 150.000,-
- Pemeliharaan Rp. 1.500.000,-
- Makan/minum Rp. 380.000,-
Jumlah Rp. 4.450.000,-

c. Penjualan
Dengan mengabaikan konsumen yang minta diketikkan sekaligus print outnya dapat diperkirakan penjualan dalam 1 bulan sebagai berikut :
- Rental komputer Rp.1.000,- x 3600 jam Rp. 3.600.000,-
- Print out folio Rp.300,- x 4800 halaman Rp. 1.440.000,-
- Print out kwarto Rp.200,- x 4800 halaman Rp. 960.000,-
- Install program 5 x Rp.25.000,- Rp. 125.000,-
Jumlah Rp. 6.125.000,-

Untuk pengetikan dan print outnya dianggap tidak tetap sehingga tidak diperhitungkan disini. Untuk pengetikan dan print outnya pendapatan dibagi dengan proporsi 40 % untuk yang mengetik dan 60 % untuk pemilik rental.






d. Perhitungan Rugi Laba Per Siklus
Dengan mengabaikan penjualan makanan ringanm dan minuman ringan, penjualan ATK dan pengetikan sekaligus print out yang diserahkan kepada pegawai maka dapat diperhitungkan neraca keuangan per bulan sebagai berikut :

Debit
Kredit
Penjualan per bulan
Rp. 6.125.000,-

Pengeluaran per bulan
Saldo/Laba
Rp. 4.450.000,-
Rp. 1.675.000,-
Jumlah
Rp. 6.125.000,-
Jumlah
Rp. 6.125.000,-

Dengan keuntungan tersebut dapat dihitung waktu yang diperlukan untuk menutupi modal dengan membagi jumlah modal investasi dengan laba, yaitu :

15.450.000 / 1.675.000 = 9,23 bulan.

Dengan demikian, apabila seluruh keuntungan dikumpulkan untuk mengembalikan modal maka diperlukan waktu maksimal 10 bulan.

e. Analisis Kelayakan Usaha
Usaha ini layak untuk dikembangkan sebab keuntungan yang dihasilkan perbulan cukup signifikan, meskipun dengan mengabaikan beberapa aspek penjualan yang tidak dapat diprediksi. Jika 50 % keuntungan ditabung maka diperlukan waktu 20 bulan untuk mengembalikan modal dan sisa dana dapat digunakan untuk mengembangkan usaha, dengan beberapa alternatif antara lain :
- Mesin fotokopi dapat dibeli seharga Rp.16.000.000,- per unit dengan pembayaran kredit dan untuk itu diperlukan waktu 20 bulan (Rp.800.000,- x 20 bulan = Rp.16.000.000,-).
- 1 unit komputer lagi dapat dibeli selama 5 bulan (Rp.800.000,- x 5 bulan = Rp.4.000.000,-).
- 3 buah printer dapat dibeli selama 2 bulan
- 1 buah TV tuner dapat dibeli selama 1 bulan
- 1 buah scanner dapat dibeli selama 1 bulan.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar